AWAS! KENALI TANDA-TANDA DIABETES


Diabetes merupakan penyakit yang bisa dialami semua orang, baik muda atau tua, perempuan atau pria. Banyak hal yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, salah satunya adalah asupan makan yang buruk, terutama sering makan makanan manis. Hal ini sering tidak disadari oleh kebanyak orang.
Oleh karenanya, Anda harus tau apa itu diabetes. . .
Faktor risiko diabetes
Faktor-faktor berikut ini bisa meningkatkan risiko Anda terhadap diabetes, yaitu:
1. Sudah berusia lebih dari 45 tahun.
2. Mempunyai anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes.
3. Punya berat badan berlebih (overweight atau obesitas), terutama jika banyak lemak menumpuk pada perut atau perut buncit. 
4. Mempunyai aktivitas sedenter atau malas bergerak.
5. Mempunyai komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes, seperti penyakit jantung dan stroke.
6. Pernah didiagnosis mempunyai prediabetes (gangguan toleransi glukosa atau gangguan glukosa puasa).
7. Mempunyai tekanan darah tinggi
8. Mempunyai kadar kolesterol tinggi atau trigliserida tinggi dalam darah
9. Pernah didiagnosis memiliki sindrom ovarium polikistik/PCOS (pada wanita)
10. Pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg atau mempunyai diabetes gestasional selama kehamilan (pada wanita)
11. Pernah didiagnosis memiliki obstruktif sleep apnea
12. Pernah didiagnosis memiliki acanthosis nigricans (warna kulit tertentu cenderung lebih gelap, seperti di leher, ketiak, siku, dan lutut)
13. Pernah didiagnosis mengalami depresi.
Jika Anda memiliki salah satu faktor risiko di atas, artinya Anda mempunyai risiko diabetes. Semakin banyak Anda memiliki faktor risiko tersebut, semakin tinggi pula risiko Anda mengalami diabetes.

Lalu, apa yang seharusnya Anda lakukan?

Sebaiknya segera periksakan kadar gula darah ke dokter jika Anda memiliki salah satu faktor atau lebih faktor risiko di atas. Ini sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap diabetes. Adapun yang menyarankan agar Anda melakukan tes gula darah setiap tiga tahun sekali jika usia Anda sudah lebih dari 40 tahun, dilansir dari Canadian Diabetes Association. Semakin dini Anda didiagnosis, semakin cepat Anda bisa mengambil tindakan agar tetap sehat di masa sekarang maupun di masa depan.

Jangan lupa untuk selalu mengontrol faktor risiko diabetes yang bisa dikontrol untuk mengurangi risiko Anda terhadap diabetes. Misalnya, menjaga berat badan dalam kadar normal, memperbanyak aktivitas fisik, menjaga tekanan darah dan kolesterol normal, serta membatasi asupan gula atau bila perlu menggantinya dengan pemanis non-gula yang rendah kalori.

Apa tanda jika saya punya diabetes?
Kadang, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mempunyai diabetes. Memang, diabetes kadang hadir tanpa memberikan gejala apapun. Itu mengapa, penting bagi Anda untuk melihat seberapa besar risiko diabetes yang Anda punya. Anda bisa membicarakan hal ini dengan dokter Anda.
Adapun tanda-tanda awal yang bisa muncul jika Anda punya diabetes adalah:
1. Sering merasa haus dan ingin terus minum.
2. Sering buang air kecil dalam jumlah banyak. 
3. Sering merasa lapar, terutama setelah makan.
4. Mulut kering.
5. Merasa lelah.
6. Sakit kepala.
7. Penurunan berat badan yang tidak jelas, padahal Anda sudah makan banyak.
8. Penglihatan kabur.

Jika Anda mengalami salah satu tanda di atas, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

Dari informasi tadi, Anda sudah mengetahui sedikit tentang diabetes dan pencegahannya. Maximalkan hari Anda dengan menyempatkan untuk berolahraga, dan jaga pola asupan Anda.

Silahkan bagikan artikel ini, karena kami yakin banyak sekali Sahabat Anda yang perlu mengetahui informasi ini. Salam sehat dan keberkahan menyertai hidup Anda. . .

Sumber: Hellosehat.com

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK