ASISTEN APOTEKER YANG BODOH

Gue bekerja sebagai seorang AA di salah satu Apotek di Jakarta. Sudah lebih dari 10 tahun, bekerja melayani orang-orang yang butuh obat. Sebagai seorang AA, gue selalu berusaha memberikan informasi yang benar dan tepat mengenai pengobatan yang diperlukan.

hanya ilustrasi


Sering banget ketemu dengan pasien yang seperti ini;
(Pas) pasien, (Pet) petugas

Pas: Halooo, sy mau beli betason krim dong, untuk luka bakar.
Pet : Whattss? Betason untuk luka bakar? Mba, Betason nya ada, tetapi betason ini bukan untuk luka bakar, yang lebih cocok untuk luka bakar Bioplacenton, Burnazin. Kalau Betason lebih cocok untuk digunakan ketika terjadi peradangan di kulit/ merah-merah di kulit, atau untuk alergi.

Pas : Ya udah ga papa, sy beli betason aja.
Pet : Oke, (bungkus). (dalam hati) Saat itu, Saya merasa menjadi Asisten Apoteker yang bodoh. Mungkin sang pasien ini, sekolahnya lebih lama dibandingkan saya. Tapi yang lucu adalah seperti ini, ketika kamu jaga toko, eh ada yang beli bilang begini "bang-bang saya mau beli air mineralnya dong, saya laper". Mungkin memang benar, jaman sekarang air bisa menghilangkan lapar alias mengenyangkan. hehehehe.

Note: Sekilas tentang zat aktif (nama generik)
Betamethasone adalah obat steroid jenis glukokortikoid yang digunakan untuk pengobatan sejumlah penyakit termasuk gangguan rematik, penyakit kulit, kondisi alergi, persalinan prematur untuk mempercepat pengembangan bayi, penyakit Crohn, bahkan kanker seperti leukemia. Betamethasone bekerja dengan cara mencegah dan mengendalikan peradangan (inflamasi) dengan mengendalikan laju sintesis protein, menekan migrasi leukosit polimorfonuklear dan fibroblast, dan membalikkan permeabilitas kapiler dan stabilisasi lisosom.

Betamethasone tersedia dalam beberapa bentuk senyawa, diantaranya betamethasone dipropionat, natrium fosfat dan valerate. Obat ini bisa juga digunakan secara kombinasi dengan clotrimazole, asam salisilat, dan kombinasi 3 obat dengan clotrimazole dan gentamicin. Kombinasi-kombinasi ini digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit seperti dermatitis dan psoriasis.

Ada yang pernah mengalami hal serupa? Silahkan ceritain di kolom komentar yah

Yuk Bikin Custom Casing HP mu, Supaya Makin Kece

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK