BATUK SATU BULAN PADA ANAK USIA 4 TAHUN

Question:Anak saya umur 4 tahun 10 bln...dia batuk dah lama dok...saya dulu emang telat bawa dia berobat kedokter sebab saya hanya beli obat diapotik aja...sampai hampir satu bulan baru saya bawa ke dokter anak...jd sekarang ada benjolan pada lehernya..dan tiap pagi subuh batuknya kambuh kalau tidak selimutan..apa solusinya nya dok?
Answer:
Melihat keluhan yang dialami oleh anak anda hingga saat ini, maka keluhan tersebut mungkin saja disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

  1. TBC paru
  2. TBC kelenjar getah bening
  3. Pembesaran kelenjar getah bening
  4. Infeksi bakteri pada kelenjar getah bening
  5. Bronkitis
  6. Asma

Dikarenakan keluhan anak anda usdah cukup lama dan juga saat ini ditambahkan dengan keluhan baru tampa adanya perbaikan dari keluhan anak anda sebelumnya, maka sebaiknya anda membawa anak anda kembali ke dokter spesialis anak yang sebelumnya memeriksa anak anda, untuk dilakukan pemerisaan dan evaluasi ulang mengenai kondisinya sata ini dibandingkan dengan kondidnya pertama kali saat anak anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin akan menyarankan anak anda untuk menjalani beberapa pemeriksaan seperti foto rontgen dada, tes mantoux, tes darah, atau pemeriksaan lainnya bergantung pada permintaan dokter anak anda. Setelah dilakukan berbagai evaluasi baru dapat ditentukan apa pengobatan yang paling baik untuk kondisi anak anda saat ini.

Untuk sementara waktu ini, gunakanlah hanya obat-obatan yang diberikan oleh dokter anak anda, jangan menggunakkan obat-obatan selain yang dianjurkan. Hindari memberikan makanan yang digoreng/keripik/es kepada anak anda. Hindari pula hal-hal yang sekiranya menyebabkan keluhan pada anak anda bertambah. Pastikan anak anda mendapatkan nutrisi yang cukup dan juga mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya.

Semoga membantu.

sumber: alodokter.com by dr.Velika Devina

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK