Ibu Hamil, Apakah Obat Batuk Yang Aman?


Sering gak sih, kamu ketemu dengan pasien yang bertanya, "obat batuk yang aman untuk ibu hamil apa yah?"

Nah ini ada satu kasus yang mungkin bisa mewakili:

Alhamdulilah saya sedang mengandung -+ 11 minggu , saat ini saya mengalami batuk, ada dahak nya juga, kadang batuknya suka bikin nyut nyutan gitu sampai ke kepala, trus suami saya beli obat ke apotek dikasih obat prospan katanya aman untuk bumil, aman kah obat prospan yg konsumsi ?

Begini jawabannya:
Mengalami batuk pilek saat kehamilan memang menimbulkan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Meskipun demikian, wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat apapun termasuk obat batuk dan obat flu saat sedang hamil kecuali memang berada pada kondisi yang sangat berbahaya bila tidak meminum obat. Hal ini terutama berlaku pada kehamilan trimester pertama yang merupakan masa-masa vital pembentukan organ pada bayi dalam kandungan. Sebisa mungkin hindarilah konsumsi obat apapun saat kehamilan di trimester pertama.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda coba lakukan untuk mengurangi gejala-gejala batuk pilek saat kehamilan:
  1. Banyak tidur dan beristirahat, banyak tidur di malam hari, dan usahakan mendapat tidur juga di siang hari.
  2. Banyak minum air putih, jus, kuah sup atau kuah kaldu untuk menjaga hidrasi tubuh dan membantu mengencerkan dahak di tenggorokan.
  3. Makan makanan bergizi dalam jumlah cukup.
  4. Gunakan pelembab udara di rumah anda.
  5. Minum teh hangat dan berkumur dengan air hangat untuk meredakan nyeri pada tenggorokan,
  6. Mandi air hangat dan menghirup uap hangat saat mandi.
  7. Bila terjadi sumbatan pada hidung, anda dapat melakukan irigasi hidung.

Prospan adalah obat batuk yang berisi ekstrak daun ivy. Daun ivy mengandung sedikit emetin, yaitu suatu zat yang dapat merangsang terjadinya kontraksi sehingga tetap tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh wanita hamil. Keamanan penggunaan prospan pada wanita hamil dan menyusui juga belum teruji secara klinis, sehingga tidak disarankan untuk digunakan.

Obat batuk berdahak yang cenderung aman untuk digunakan oleh wanita hamil adalah guaifenesin. Meskipun dapat dibeli dengan bebas, anda perlu berhati-hati karena obat batuk dan pilek yang mengandung guaifenesin sering kali memiliki kandungan obat lainnya yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi janin dalam kandungan. Oleh karena itu, ada baiknya anda selalu mengkonsultasikan dengan dokter kandungan anda sebelum meminum obat apapun. 

Jawaban oleh: dr. Irna Cecilia

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK