OBAT BATUK SIRUP UNTUK DIABETES, BOLEHKAH?


Untuk sahabat Farmasi.Keren yang bekerja di Apotek, pernah gak dapat pertanyaan dari konsumen seperti ini "sirup komix ini boleh gak untuk penderita diabetes?

Komix merupakan salah satu merk obat batuk bebas dengan sediaan sirup. Saya tidak akan membahas mengenai suatu produk secara khusus namun saya akan membahas mengenai konsumsi obat dengan bentuk sediaan sirup dan diabetes.

Walaupun bermanfaat, bentuk sediaan sirup seringkali mengandung gula dalam kadar tertentu yang dapat mempengaruhi kadar gula darah pada penderita diabetes. Bila gula darah penderita diabetes tersebut masih dalam kategori terkontrol (gula 2 jam paska makan besar <200 mg/dl) maka konsumsi obat sediaan sirup umumnya tidak menimbulkan gangguan bermakna pada kadar gula darah Anda.

Namun bila Anda merasa ragu mengenai konsumsi sediaan sirup maka Anda sebaiknya mengkonsumsi obat bebas yang tidak mengandung gula. Anda juga sebaiknya berkonsultasi terkait hal ini dengan dokter atau farmasi kamu (APOTEKER) agar mendapat anjuran mengenai obat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Info dari: dr. Budiono

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK