Apa Saya Juga Beresiko Diabetes Seperti Ibu Saya?

Question:
Hallo dok, saya perempuan kelahiran 1996 dengan berat badan kurang lebih 49kg dan ibu saya diketahui mengidap diabetes pada tahun 2000 apakah saya berpotensi mengidap diabetes juga dok? walaupun selama ini blum ada gejala diabetes di tubuh saya. Terimakasih.

Answer: dr. Filemon

Diabetes merupakan suatu penyakit kronis atau menahun yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Terdapat 2 jenis diabetes yaitu tipe 1 yang biasanya muncul pada usia muda dan yang lebih sering terjadi atau diabetes tipe 2. Gejala yang muncul pada pasien diabetes antara lain seperti, lemas, sering haus, sering lapar, sering ingin buang air kecil terutama pada malam hari, dan penurunan berat badan.

Penyebab terjadinya diabetes tipe 2 biasanya berhubungan dengan gaya hidup dan juga genetik. Jika memang ibu anda menderita diabetes, maka risiko anda sebagai anak untuk mengalami diabetes juga menjadi lebih tinggi.

Untuk menentukan apakah anda menderita diabetes atau untuk mencegah terjadinya diabetes sebaiknya bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter gizi, karena dokter memerlukan informasi lebih lengkap, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan gula darah.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan antara lain:
  1. Memilih makanan rendah kalori dan rendah lemak tetapi yang tinggi serat.
  2. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  3. Olahraga secara teratur 3-5 kali seminggu.
  4. Hentikan kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi alkohol.
  5. Sebelum membeli makanan olahan disarankan baca label kemasan produk.
  6. Rutin memeriksakan diri anda (medical checkup) sesuai dengan instruksi dokter Anda.



sumber: alodokter.com

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK