BERAPA LAMA MUNCULNYA EFEK NGANTUK SAAT MENGKONSUMSI OBAT CTM


CTM adalah obat yang sering digunakan karena diambil efek sampingnya yang berupa efek ngantuk. Nah kira-kira, berapa sih waktu yang dibutuhkan CTM untuk memberikann efek ngantuk? 

Pada dasarnya efek samping mengantuk yang disebabkan oleh CTM tidak semerta-merta akan membuat kamu tidur sehingga tidak bisa diketahui dengan jelas berapa lama anda akan tertidur setelah mengkonsumsi CTM. Namun demikian, CTM akan dieliminasi dari tubuh dalam waktu 12-43 jam, sehingga rasa kantuk yang ditimbulkan setelah konsumsi obat ini bisa bertahan hingga selama waktu tersebut (umumnya lebih singkat karena setelah sebagian besar obat dikeluarkan oleh tubuh, efek sampingnya juga sudah akan berkurang).

Perlu kamu ketahui juga bahwa efek samping suatu obat juga tidak selalu terjadi pada setiap orang. Ada orang yang sangat sensitif terhadap obat ini sehingga efek samping yang muncul juga bisa dirasakan lebih lama, namun ada juga orang yang mengkonsumsi obat ini tanpa merasa mengantuk sama sekali. Satu hal yang pasti, antihistamin seperti CTM tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai obat tidur. Selain kualitas tidur yang didapat dari konsumsi antihistamin tidak akan baik, toleransi juga sangat mudah terbentuk, sehingga setelah beberapa lama konsumsi obat ini, anda tidak akan merasa mengantuk lagi. Pada beberapa orang, konsumsi antihistamin seperti CTM justru menimbulkan rasa tidak tenang, kecemasan, agitasi, sehingga meskipun merasa mengantuk, orang tersebut tidak akan bisa tertidur dengan baik.

Jawaban dari: dr. Irna Cecilia

Postingan Populer

FOLLOW US ON FACEBOOK